Pages

Monday, October 1, 2018

Kemenhub Sediakan Kapal Laut buat Angkut Warga Palu dan Bantuan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini tengah menyediakan berbagai pilihan moda transportasi bagi warga Palu dan sekitarnya pasca-terkena gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo.

Selain pesawat terbang, moda lain yang juga dipersiapkan yakni dalam bentuk kapal laut. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pemerintah sejak hari kedua bencana sudah mengunjungi Pelabuhan Pantoloan yang berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Palu.

Meski menemui beberapa kerusakan kecil, ia kemudian mengarahkan pihak pengelola untuk bisa memfungsikan pelabuhan tersebut.

"Sejak kemarin saya sudah memerintahkan Pelindo III dan Pelni untuk menggunakan pelabuhan tersebut yang bisa mengangkut penumpang secara masif, dan juga bisa digunakan pengangkutan logistik dari beberapa kota yang ada," ungkap dia di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Adapun mulai hari ini, Senin 1 Oktober 2018, sudah ada empat maskapai komersial yang membuka jalur penerbangannya menuju Ibu Kota Sulawesi Tengah tersebut di samping pesawat berukuran kecil seperti Hercules yang dipakai untuk menyalurkan bantuan.

Keempat maskapai itu yakni Garuda, Nam Air, My Indo, dan Wings Air telah menyediakan 15 slot penerbangan. Masing-masing pihak saat ini baru bisa mengoperasikan secara terbatas sebanyak satu slot pesawat dalam sehari.

Menurut laporan yang diterima Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi melanjutkan, beberapa kapal sudah tiba di Pelabuhan Pantoloan untuk menyalurkan barang bantuan semisal logistik. 

"Artinya, Pantoloan sudah difungsikan mengangkut penumpang. Karena ada beberapa penumpang yang sekarang ini berkumpul di Bandara Mutiara (Sis Al Jufri, Palu) yang saya imbau pindah karena kapasitas angkutan udara terbatas," ujar dia.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Rfw4zF

No comments:

Post a Comment