Pages

Tuesday, December 31, 2019

Ini Penyebab Hujan Guyur Jabodetabek dari Kemarin hingga Pagi Ini

Liputan6.com, Jakarta Hujan mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa 31 Desember 2019 hingga Rabu 1 Januari 2019. Akibat hujan yang terus mengguyur, sejumlah wilayah di Jabodetabek banjir.

Menurut Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana, saat ini memang sudah memasuki musim hujan. Bahkan dalam dua bulan ke depan, akan memasuki puncaknya.

"Januari dan Februari puncaknya," ujar dia saat dihubungin Liputan6.com, Rabu (1/1/2020).

Dia menjelaskan BMKG memperingatkan adanya potensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir yang akan terjadi dalam tiga hari ke depan, yaitu 31 Desember – 2 Januari 2019 di sejumlah wilayah Indonesia.

'Hasil pantauan BMKG menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Perairan barat Sumatera (925/850mb) dan di utara Australia (925/850mb)," ujar Taufan.

Konvergensi terbentuk memanjang dari Laut Sumbawa hingga Laut Flores. Sementara belokan angin terdapat di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian tengah, Sulawesi bagian tengah dan Selatan, serta Maluku.

"Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Samudera Pasifik Timur Filipina," kata dia.

Beberapa wilayah berpeluang berpeluang diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir. Untuk hari Selasa 31 Desember 2019, wilayah yang berpeluang adalah Aceh, Sumatera Utar, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat.

"Selain itu, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku , dan Papua," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Wilayah Berpeluang

Kemudian pada Rabu (1/1/2020), wilayah yang berpeluang yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Lalu untuk besok (2/1/2020) hanya tinggal Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat.

"Selain itu juga Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, serta Papua yang berpotensi diguyur hujan," kata dia.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com https://ift.tt/2u8Hj66

No comments:

Post a Comment