Pages

Sunday, September 30, 2018

4 Manfaat Punya Anak dengan Usia Berdekatan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak dengan selisih usia berdekatan jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Belum lagi berbagai komentar dari lingkungan sekitar. Tapi, Mommy Andreana Friska dari Babyologist punya kiat tersendiri mengasuh buah hati yang usianya tak terpaut jauh. Simak kisahnya berikut ini...

Punya dua anak yaitu Kezia dan Letisha yang usianya hanya berbeda 19 bulan membuat saya sangat sering mendengar komentar orang seperti, “Enak ya sudah punya dua anak. Usianya dekat lagi. Jadi lucu. Nanti kalau sudah gede, sudah sekolah, bareng jadi lebih gampang apa-apanya. Duh jadi pengen deh!” atau, "Duh.. kasihan ya anaknya masih kecil sudah punya adik lagi, tidak terpikir apa nanti cara mengasuhnya? Perhatiannya berkurang, dong".

Ketika saya dikarunia punya 2 anak dengan jarak berdekatan, saya mempelajari banyak hal positif dan ternyata sangat menyenangkan. Rumah lebih ramai, kakak dan adik punya teman saling berbagi dan bermain bersama, dan membuat saya menjadi lebih bijak sebagai orang tua.

Saya mau sharing kelebihan mempunyai 2 anak dengan usia berdekatan dan Moms seharusnya tidak perlu takut melainkan bersyukur untuk hal ini.

1. Teman bermain

Awalnya saat adik Kezia masih belum lahir, kami membelikan banyak mainan untuk teman bermainnya. Tetapi karena dia cepat bosan, mainan tersebut pun hanya bertahan sebentar menemani kakak Kezia bermain.

Setelah adiknya – Letisha lahir, saya sangat bersyukur karena kakak Kezia sekarang merasa ada teman yang bisa dia ajak bermain. Mainan yang tadi hanya disimpan, sekarang diajak sharing dengan adiknya.

Begitu juga dengan adiknya, karena melihat kakaknya bermain, dia menjadi cepat belajar dan motoriknya cepat berkembang. Mereka berdua saling mengisi karena usianya tidak terlampau jauh dan saya menjadi ada waktu luang untuk me time ketika mereka bermain bersama.

2. Lebih fokus perencanaan untuk masa depan anak

Ketika anak masih satu, saya mudah untuk memikirkan kebutuhan anak. Tetapi ketika memulai hamil anak kedua, saya dan suami mulai memikirkan mengenai kebutuhan pokok, imunisasi, pendidikan dan kebijakan lainnya yang harus adil antara anak pertama dan kedua. Contohnya seperti perayaan ulang tahun anak. Mulai saat ini, saya juga sudah menabung untuk sekolah anak kelak, karena ini sangat perlu direncanakan dari sekarang.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2DEjl73

No comments:

Post a Comment